Sejarah

SMA Kristen YSKI Semarang  berdiri tahun 1967 dengan nama SMA Kristen 3 di bawah naungan Yayasan Sekolah Kristen Indonesia. Sekolah yang terletak di jalan Sidodadi Timur 23 Semarang telah mengalami perkembangan sejak didirikannya dengan memperbaiki maupun menambah beberapa fasilitas. Perbaikan laboratorium bahasa, laboratorium IPA (Fisika, Biologi, Kimia), perpustakaan, Aula  dilakukan untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar.. Demikian juga dengan penambahan laboratorium IPS, Aula Kecil, green house serta kantin. Bahkan untuk menambah fasilitas YSKI menambah gedung baru lantai 5 yang dilengkapi dengan Ruang Kelas Smart Class, Learning Center, Ruang Theater dan area terbuka untuk belajar

Pembentukan karakter terhadap  peserta didik, selama dua atau tiga tahun menimba ilmu, peserta didik dibentuk menjadi pribadi yang takut akan Tuhan melalui renungan pagi setiap harinya, kebaktian bulanan, maupun retreat.  Melalui kegiatan donor darah, aksi sosial peserta didik dibentuk untuk menjadi pribadi yang peduli maupun rendah hati sehingga peserta didik dapat belajar berbagi dengan orang lain. Disiplin dilatihkan kepada peserta didik melalui hal-hal yang setiap hari dilakukan yaitu dengan pembiasaan datang tepat waktu, mengerjakan tugas tepat waktu, taat terhadap peraturan. Pembentukan pribadi pantang menyerah salah satunya dibentuk melalui kegiatan Latihan Kepemimpinan Siswa.

Memikirkan optimalisasi perkembangan kecerdasan peserta didik secara menyeluruh. Disediakan fasilitas untuk peserta didik agar dapat mengembangkan keberagaman kecerdasan yang dimilikinya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Basket, bulu tangkis, futsal, self deffence (kecerdasan kinestetik), bahasa Inggris,  Jepang, Perancis dan Korea (kecerdasan berbahasa), band, vocal group, biola (kecerdasan musik), klub matematika (kecerdasan logika matematika), teater (kecerdasan intrapersonal dan interpersonal), klub biologi (kecerdasan naturalis). Sementara bagi siswa yang cerdas intelektual disediakan diferensiasi layanan pendidikan berupa Smart Class mulai tahun ajaran 2013/2014.

Menyadari bahwa SMA bukanlah jenjang akhir dalam pendidikan, maka dijalin kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi untuk memperlancar kelanjutan studi para peserta didik. Kegiatan Edu Fair maupun Tour Campus merupakan kegiatan pendukung yang membantu peserta didik lebih mengetahui dunia Perguruan Tinggi. ITB, UNDIP, UNIKA Soegijapranata, Univ. Dian Nuswantoro, UKSW, UGM, Univ. Atmajaya Jogja, UBAYA, UK Petra, Univ. Widya Madala, BINUS, UPH, UNTAR, UK Maranatha dan masih beberapa lagi adalah perguruan-perguran tinggi yang bekerja sama dengan SMA Kristen YSKI baik negeri maupun swasta, baik dalam maupun luar negeri.